PROGRAM LEWU PANCASILA BERKAH MENUJU PERWUJUDAN DESA CERDAS / SMART VILLAGE

  • Mar 10, 2023
  • Admin Bandar Agung

Berdasarkan Surat Keputusan  Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 188.44/328/2022 tanggal 14 September 2022 tentang Pelaksanaan Lewu Pancasila Berkah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, di tetapkan 13 Desa dari 13 Kabupaten di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, dimana Desa Bandar Agung adalah salah satu desa yang termasuk dalam program tersebut. Program Lewu Pancasila Berkah atau Smart Village ini bertujuan agar terjadi transformasi pemanfaatan teknologi Digital dalam upaya mendorong peningkatan Kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.

Sebagai Bentuk Implementasi Program Lewu Pancasila Berkah menuju perwujudan Desa Cerdas / Smart Village di pemprov Kalimantan Tengah, Maka melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pada tanggal 28 Februari s.d 3 Maret 2023 di laksanaan Pelatihan Sistem Informasi Desa ( SID ) bagi 13 Desa di 13 Kabupaten yang sudah di tetapkan menjadi Lewu Pancasila Berkah, di Leedon Hotel & Suites Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Pelatihan ini di Buka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa provinsi Kalimantan Tengah Bapak. Aryawan, S.IP., M.IP , dalam sambutan beliau di sampaikan bahwa pelatihan SID Program Lewu Pancasila Berkah ini bertujuan untuk Pembinaan Aparatur Pemerintahan Dsea dalam upaya peningkatan Kapasitas berbasis Digitalisasi, sehingga Desa mampu menjadi Desa terbuka akan Informasi akan Informasi berbasis Digital serta meningkatkan kinerja dan pelayanan Perangkat Desa sebagaimana harapan Bapak Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, S.IP